Bentuk dan Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Mitos Manarmakeri Suku Biak Numfor Provinsi Papua

Flora Hana Dimara

Abstract


This study aims to reveal the value of character education in the Story of Myth Manarmakeri (CMM) Biak Numfor Papua Tribe. This study also presents a description of the life and social reality of the Biak Numfor Tribe of Papua. As a source of local Papuan literary development, CMM is intended as a medium to foster intelligence, love, and respect for local literature as part of the ancestral heritage. Thus, CMM is useful in supporting cultural knowledge, developing feelings of intention, and forming character or character. Literature part of literary local, CMM is considered able to form the character of students effectively because the values and morals contained in the literary works are not delivered directly, but through stories and metaphors so that the educational process is fun and not patronizing. The values contained in the literary works are pervaded by the students and unconsciously reconstruct their attitudes and personality.

The value of character education in CMM Biak Numfor Papua tribe can be decomposed through analysis, namely (1) form of character education value, and (2) implementation of character education value.


Keywords


Form; Implementation; Value of Character Education; Papua;

Full Text:

PDF

References


Danandjaja J. 2015. “Folklor dan Pembangunan Kalimantan Tengah: Merekonstruksi Nilai Budaya Orang Dayak Ngaju dan Ot Danum Melalui Cerita Rakyat Mereka” dalam Metodologi Kajian Tradisi Lisan Edisi Revisi (Editor: Pudentia MPSS). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI).Jakarta: Balai Pustaka.

Ismawati Esti, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendiknas.

. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasaran Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta : Kemendiknas.

Kurey, Absalom. 2016. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat “ Sera Morateri Waropen” Sebagai Sumber Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lokal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Urefaisei Kabupaten Waropen”. Skripsi Sarjana. Manokwari: FKIP UNIPA.

Noor, M.Rohinah. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Qodratillah, dkk. 2011. Kamus Bahasa Indonesia (KBI) Untuk Pelajar. Jakarta Timur : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun.

Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Rumainum, Merry Ch. 2014. “Identifikasi dan Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Kota Emas Karya I.S.Kijne sebagai Media Pembelajaran Kontekstual: Perbandingan Masa Zending dan Masa Otsus Papua”. Skripsi Sarjana. Manokwari: FKIP UNIPA.

Rumainum, Merry Ch. 2016. “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Kota Emas Karya Ishak Samuel Kijne” dalam Jurnal Triton Pendidikan (Jurnal Para Ahli dan Peminat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa), Vol.01, No.01, April 2016. ISSN: 2503-0698. Manokwari: Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Thimme, Marthin Hans.1976. “KORERI : Tafsiran Dan Evaluasi Teologi Tentang Mite Manarmakeri”. Abepura: STT IS KIJNE .

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasisi Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wospakrik, PH, dkk. 2011. “Biak Numfor: Investasi Pariwisata Masa Depan” dan MAGAZINE volume 3. Biak : Pemda Biak Numfor – Bentang Segala Media. Jakarta.

Wutoi, Fanda Yunita dan Yosefina Baru. 2016. “Pengajaran Apresiasi Nilai-Nilai Cerita Rakyat “Empat Raja” Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Model Pembelajaran Kontekstual Di Kabupaten Raja Ampat” dalam Jurnal Triton Pendidikan (Jurnal Para Ahli dan Peminat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa), Vol.01, No.01, April 2016. ISSN: 2503-0698. Manokwari: Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30862/jm.v1i2.812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Melanesia : Jurnal Ilmiah Kajian Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by: 

      


Alamat Redaksi:
Fakultas Sastra dan  Budaya UNIPA, Universitas Papua
Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314.
Telepon (0986) 211430. email: jurnalmelanesia@gmail.com.
pISSN: 2528-4258 eISSN: 2620-6005


Creative Commons License
Jurnal Melanesia : Kajian Ilmiah Bahasa dan Budaya
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Pengunjung


Kerjasama:

Universitas Papua    Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal