PERANAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PASIRPUTIH FAKFAK

Authors

  • Nelce Yohana Weripang Universitas Papua, Manokwari, Indonesia
  • Quin Donspri Tulalessy Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30862/bisai.v2i1.191

Keywords:

motivasi, orang tua, prestasi belajar

Abstract

Peranan orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasirputih Fakfak. Penelitian ini bertujuan menganalisis peranan orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Pasirputih Fakfak. Orang tua menjadi objek penelitian karena bertolak dari alasan diatas, orang tua merupakan salah satu orang terdekat yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, angket dan observasi. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari angket dan hasil belajar siswa berupa nilai raport. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat 21.48% responden memilih kategori sering sekali, 18.34% memilih kategori sering, 8.51% responden memilih kategori kadang-kadang dan 3.48 responden memilih kategori tidak pernah. Bandingan dengan nilai raport menyatakan bahwa tinggkat prestasi siswa tergolong sangat baik dengan uraian 4(9.30%) orang memperoleh skor nilai sangat tinggi, 24(55.81%) orang memperoleh nilai tinggi dan 15(34.88%) orang memperoleh skor nilai rendah, dari 100% yang diharapkan.

Author Biographies

Nelce Yohana Weripang, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Papua

Quin Donspri Tulalessy, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Papua

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Weripang, N. Y., & Tulalessy, Q. D. (2023). PERANAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PASIRPUTIH FAKFAK. BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran , 2(1), 39-44. https://doi.org/10.30862/bisai.v2i1.191