ANALISIS MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD YPPK SANTA THERESIA WERIAGAR KABUPATE TELUK BINTUNI

Authors

  • Ariyani Paskalina Alua Universitas Papua, Manokwari, Indonesia
  • Kartika Y Mandowen Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30862/bisai.v2i1.192

Keywords:

motivasi, belajar, bahasa Indonesia.

Abstract

Analisis motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD YPPK Santa Theresia Weriagar Kabupaten Teluk Bintuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD YPPK St. Theresia Weriagar. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD YPPK St. Theresia Weriagar. Berjumlah 40 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa dari jumlah keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukan Tingkat motivasi belajar Bahasa Indonesia yang diperoleh dari siswa yang menjawab selalu (36%), yang menjawab sering (20%), yang menjawab kadangkadang (19%) dan yang menjawab tidak pernah sebanyak (24%) demikian dapat dilihat bahwa jawaban rata-rata responden berkaitan dengan tingkat motivasi belajar berada di daerah selalu. Berdasarkan uraian diatas maka sesuai dengan presentase hasil keseluruhan penjumlahan nilai angket yang diperoleh dari siswa dengan skor jawaban dan skor ideal yang memiliki tingkat motivasi belajar Bahasa Indonesia adalah (67%) termasuk dalam kategori sudah cukup Baik.

Author Biographies

Ariyani Paskalina Alua, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Papua

Kartika Y Mandowen, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Papua

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Alua, A. P., & Mandowen, K. Y. (2023). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD YPPK SANTA THERESIA WERIAGAR KABUPATE TELUK BINTUNI. BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran , 2(1), 45-49. https://doi.org/10.30862/bisai.v2i1.192