NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG BURUNG KASUARI DAN CENDERAWASIH

Authors

  • Insum Malawat Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30862/bisai.v1i1.29

Keywords:

pendidikan karakter, dongeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam dongeng Burung Kasuari dan Cenderawasih dari Papua. Data penelitian bersifat sekunder karena dipilih secara purposive dari sumber tertulis. Konsep nilai pendidikan karakter yang digunakan adalah 18 butir nilai pendidikan karakter oleh Kemendiknas. Kajian ini dilakukan dengan dasar bahwa pendidikan karakter harus secara kontinu ditanamkan sejak dini dalam jiwa anak.  Dongeng nusantara dapat dijadikan salah satu media edukasi pembentukan karakter anak di sekolah mengingat dongeng merupakan cerminan jatidiri dan karakter bangsa Indonesia.  Karakter yang ditunjukan para tokoh dalam dongeng BK dan BC dapat dijadikan contoh bagi anak untuk mengembangkan karakter  komunikatif, cinta damai, kerja keras, kreatif, tanggung jawab, disiplin, dan jujur.

Kata kunci: pendidikan karakter, dongeng

Author Biography

Insum Malawat, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Papua

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Malawat, I. (2024). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG BURUNG KASUARI DAN CENDERAWASIH. BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran , 1(1), 18-27. https://doi.org/10.30862/bisai.v1i1.29

Issue

Section

Articles