PENGETAHUAN TANAMAN BERKHAZIAT OBAT BAHASA TORAJA PADA MASYARAKAT SA’DAN DI MONOKWARI: KAJIAN EKOLINGUISTIK DAN PEMODELAN RPP TEKS PROSEDUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Eben Madulu Universitas Papua, Manokwari, Indonesia
  • Quin D Tulalessy Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.30862/bisai.v1i1.32

Keywords:

Pengetahuan, Bahasa Toraja, Masyarakat Sa’dan, Ekolinguistik, Teks Prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tanaman berkhaziat obat bahasa Toraja pada masyarakat Sa’dan di Manokwari yang berdomisili di kelurahan Amban, kelurahan Manokwari Barat, dan kelurahan Wosi: kajian ekolinguistik. Metode yang digunakan pada penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teori ekolinguistik sebagai acuan dalam penelitian untuk mengetahui tingkat pengetahuan tanaman berkhaziat obat bahasa Toraja pada masyrakat Sa’dan di Manokwari yang berdomisili di kelurahan Amban, kelurahan Manokwari Barat, dan kelurahan Wosi. Hasil penelitian tingkat pengetahuan tanaman berkhaziat obat bahasa Toraja di Monokwari yang berdomisili di kelurahan Amban Monokwari Barat menghasilkan dua kategori yakni rendah dan sangat rendah. Faktor yang menjadi penyebab tingkat pengetahuan tanaman berkhaziat karena tidak adanya interaksi dengan alam dan kurangnya interaksi sosial antar sesama. Objek penelitian ini telah dimasukkan kedalam pemodelan RPP Teks Prosedur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Pengetahuan, Bahasa Toraja, Masyarakat Sa’dan, Ekolinguistik, Teks Prosedur

Author Biography

Eben Madulu, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Papua

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Madulu, E., & Tulalessy, Q. D. (2024). PENGETAHUAN TANAMAN BERKHAZIAT OBAT BAHASA TORAJA PADA MASYARAKAT SA’DAN DI MONOKWARI: KAJIAN EKOLINGUISTIK DAN PEMODELAN RPP TEKS PROSEDUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran , 1(1), 10-17. https://doi.org/10.30862/bisai.v1i1.32

Issue

Section

Articles