ANALISIS KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SUKU WANDAMEN DI KABUPATEN TELUK WONDAMA (PENDEKATAN PRAGMATIK)

Authors

  • Kurinano Rudolof Nimbafu Universitas Papua, Manokwari, Indonesia
  • Akhiruddin Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30862/bisai.v1i2.80

Keywords:

analisis, karakter, cerita rakyat suku wandamen, pendekatan pragmatik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter dalam cerita rakyat Suku Wandamen dengan menggunakan teknik analisis untuk mendapatkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat Wondama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian yaitu karya sastra lisan. Cerita rakyat Suku Wandamen yang di ceritakan kembali K Korwam umur lima puluh satu tahun 2020 Jln Rasiei, Kampung Tandia Distrik Rasiei. Dalam penelitian ini menggunakan teori karakter dan karakter tokoh yang membahas tentang analisis cerita rakyat Suku Wandamen. Teori inilah yang digunakan untuk membedakan rumusan masalah. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini terdapat enam belas nilai pendidikan karakter yaitu : nilai religius, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai kratif, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab, nilai mandiri, nilai cinta damai, nilai toleransi atau saling menghargai, nilai menghargai prestasi, nilai peduli lingkungan, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa CRSW layak untuk direkomendasikan sebagai bahan ajar di sekolah agar guru dapat memanfaatkan dalam penguatan untuk membentuk karakter anak didik.

Author Biographies

Kurinano Rudolof Nimbafu, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Papua

Akhiruddin, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Papua

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Nimbafu, K. R., & Akhiruddin, A. (2022). ANALISIS KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SUKU WANDAMEN DI KABUPATEN TELUK WONDAMA (PENDEKATAN PRAGMATIK). BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran , 1(2), 79-87. https://doi.org/10.30862/bisai.v1i2.80