ARCHIPELAGO - Aplikasi Augmented Reality (AR) Pengenalan Tokoh - Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia Dengan Metode Image Tracking Berbasis Android

ARCHIPELAGO - Augmented Reality (AR) Application Recognition Of Indonesian National Heroes With Image Tracking Method Based On Android

Penulis

  • Yohanes Alfian Richiansyah
  • Julius Panda Putra Naibaho
  • Parma Hadi Rantelinggi

DOI:

https://doi.org/10.30862/jistech.v11i2.110

Kata Kunci:

Augmented Reality, Pahlawan nasional, Aplikasi Android, Research and Development, Vuforia

Abstrak

Banyak masyarakat maupun pelajar yang tidak mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan nasional Indonesia. Dengan adanya aplikasi pengenalan tokoh pahlawan dapat mempermudah para pengguna untuk mempelajari sejarah pengenalan tokoh pahlawan nasional. Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Waterfall. Metodologi pengembangan menggunakan pemrograman berorientasi objek dan tools UML, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan dibantu oleh vuforia unity. Hasil perancangan pembangunan aplikasi ini segi fungsional rata – rata jawaban sesuai standar pemakaian bagi pengguna. Sedangkan dari tampilan pemilihan warna pada aplikasi, 25 dari 30 responden menjawab pemilihan warna sudah sesuai standar kelayakan. Tampilan desain keseluruhan aplikasi terdapat 95% terkait desain aplikasi tersebut.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-21

Cara Mengutip

Richiansyah, Y. A. ., Naibaho, J. P. P., & Rantelinggi, P. H. (2023). ARCHIPELAGO - Aplikasi Augmented Reality (AR) Pengenalan Tokoh - Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia Dengan Metode Image Tracking Berbasis Android: ARCHIPELAGO - Augmented Reality (AR) Application Recognition Of Indonesian National Heroes With Image Tracking Method Based On Android. JISTECH: Journal of Information Science and Technology, 11(2), 44-57. https://doi.org/10.30862/jistech.v11i2.110

Terbitan

Bagian

Articles