Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran di Manokwari Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Decision Support System for Choosing Social Media as Marketing Media in Manokwari Using the Weighted Product Method)

Penulis

  • Eva Anjuni Universitas Papua
  • Lion Ferdinand Marini
  • Christian Dwi Suhendra

DOI:

https://doi.org/10.30862/jistech.v12i3.330

Kata Kunci:

Media Sosial, Pemasaran, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Manokwari

Abstrak

Pengguna media sosial mendapatkan kemudahan tersendiri dalam memasarkan produknya melalui internet karena dapat meningkatkan penjualan dengan pengeluaran yang tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk memilih media sosial manakah yang sering digunakan sebagai media pemasaran di Manokwari menggunakan sistem pendukung keputusan dengn metode weighted product (WP). Pemilihan media sosial dalam penelitian ini yaitu Tiktok, Instagram, Facebook, dan Whatsapp serta memiliki kriteria-kriteria seperti keinginan, mudah dimengerti, pendapatan, dan pemasaran. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online kepada pelaku bisnis yang menggunakan media sosial. Sebanyak 100 responden diperoleh dalam hasil kuesioner selama satu minggu. hasil akhir dari perhitungan yang telah dilakukan, yang mana dari setiap alternatif memiliki nilai atau skor sesuai perhitungan. Alternatif media sosial Tiktok memiliki nilai atau skor 0.18, Instagram memiliki nilai atau skor 0.21, Facebook memiliki nilai atau skor 0.33, dan Whatsapp memiliki nilai atau skor 0.29. Maka dari itu, didapatkan hasil akhir alternatif yang sering digunakan dalam proses pemasaran melalui media sosial di Manokwari adalah media sosial Facebook, yang memiliki nilai atau skor tertinggi dari media sosial yang lain.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa media sosial Facebook yang sering digunakan sebagai media pemasaran.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-18

Cara Mengutip

Anjuni, E., Marini, L. F. ., & Suhendra, C. D. . (2024). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran di Manokwari Menggunakan Metode Weighted Product (WP): Decision Support System for Choosing Social Media as Marketing Media in Manokwari Using the Weighted Product Method). JISTECH: Journal of Information Science and Technology, 12(3), 1-8. https://doi.org/10.30862/jistech.v12i3.330