Implementasi seni dan budaya Toraja berbasis web menggunakan framework codeigniter 4.3.1 (studi kasus: seni dan budaya Toraja)

Web-based implementation of Toraja arts and culture using codeigniter framework 4.3.1 (case study: Toraja arts and culture)

Penulis

  • Sety Ratte UNIPA
  • Julius Panda Putra Naibaho

DOI:

https://doi.org/10.30862/jistech.v12i3.361

Kata Kunci:

toraja, Seni dan Budaya Toraja, CodeIgniter 4, Universitas Papua

Abstrak

Sety Rante Rerung, Jurusan D3 Teknik Komputer, Fakultas Teknik Universitas Papua, april 2023, implementasi seni dan budaya toraja berbasis web menggunakan framework codeigniter 4.3.1 (studi kasus: seni dan budaya toraja). Dibimbing oleh Julius P.P.Naibaho, S.Kom., M.Kom.

Seni dan budaya toraja merupakan adat istiadat yang terus di wariskan dari generasi ke generasi, baik untuk generasi yang ada di tanah toraja maupun masyarakat toraja yang keluar dari tanah toraja untuk merantau, untuk menjaga warisan seni dan budaya maka sudah seharusnya pengetahuan tentang seni dan budaya terus di lestarikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, salah satunya adalah website.

Berdasarkan permasalahan dalam menjaga dan melestarikan seni dan budya toraja agar tetap di lestarikan dengan memanfaatkan teknologi saat ini yaitu website, maka penulis memberi solusi dengan membuat sebuah website untuk mengimplementasikan seni dan budaya toraja menggunakan framework codeigniter 4.3.1.

Dengan adanya website ini diharapkan dapat membantu menjaga informasi serta melestarikan seni dan budaya toraja baik untuk masyarakat yang ada di tanah toraja maupun masyarakat yang keluar dari tanah toraja untuk merantau.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-18

Cara Mengutip

Ratte, S., & Naibaho, J. P. P. (2024). Implementasi seni dan budaya Toraja berbasis web menggunakan framework codeigniter 4.3.1 (studi kasus: seni dan budaya Toraja): Web-based implementation of Toraja arts and culture using codeigniter framework 4.3.1 (case study: Toraja arts and culture) . JISTECH: Journal of Information Science and Technology, 12(3), 17-24. https://doi.org/10.30862/jistech.v12i3.361