Pembuatan Aplikasi Virtual Tour 360 Sebagai Media Dalam Pengenalan Lingkungan Kampus Di Universitas Papua Menggunakan Unity 3D Engine
Making a 360 Virtual Tour Application as a Media for Introducing the Campus Environment at the University of Papua Using Unity 3D Engine
DOI:
https://doi.org/10.30862/jistech.v13i1.409Kata Kunci:
Virtual Reality,, Virtual Tour, Kampus, Android, PKKMBAbstrak
Pengenalan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru dalam melakukan
PKKMB. Pada saat terjadinya covid-19 banyak mahasiswa baru Universitas
Papua melakukan PKKMB online tanpa mengenal baik lingkungan dan
gedung fakultas bagi mahasiswa baru, dimana setelah wabah covid-19 mereda
masih ada mahasiswa yang tidak mengetahui gedung fakultasnya. Dengan
menggunakan teknologi virtual reality tour yang mana bisa diakses melalui
smartphone mahasiswa baru dalam melaksanakan pengelan lingkungan
kampus saat melakukan PKKMB, yang dimana mahasiswa baru bisa
mengenal lingkungan baru dengan sangat baik dan mengetahui lokasi setiap
gedung fakultas dimana mereka akan berkuliah.Oleh karena itu penulis ingin
membuat aplikasi yang dapat membantu bagi mahasiswa baru universitas
papua dalam mengenal lingkungan kampus. Penulis melakukan penelitian
dengan judul “Pembuatan Aplikasi Virtual Tour 360 Sebagai Media Dalam
Pengenalan Lingkungan Kampus Di Universitas Papua Menggunakan Unity
3D Engine”. Aplikasi ini menampilkan foto panorama gedung dan fakultas
universitas papua dalam bentuk 360. Berdasarkan penelitian dan pengujian
yang telah dilakukan aplikasi ini bisa berjalan dengan baik menggunakan
black box testing. Dan berharap aplikasi ini dapat membantu mahasiswa baru
pada saat melakukan PKKMB.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yosia Artahsasta, Marlinda Sanglise, Julius Panda Putra Naibaho
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.